"ACOM" Alfa Century Multy Science Plus

"ANCAMAN NYATA SEBENARNYA BUKAN SAAT KOMPUTER MULAI BERFIKIR SEPERTI MANUSIA, tetapi KETIKA MANUSIA MULAI BERFIKIR SEPERTI KOMPUTER"

"MEMBERI SESEORANG IKAN ENGKAU MEMBERINYA MAKAN SEHARI, TAPI MENGAJARINYA MENGAIL ENGKAU MEMBERINYA MAKAN SEUMUR HIDUP"
"Jasad boleh terhempas dan terjungkil, tetapi jiwa dan ruhul jihad tidak boleh binasa. Pemikir dan mujahid ilmu tidak boleh ragu dan gugup menghadapi tantangan. ia harus tenang, tabah dan pandai menyelematkan diri, mengendalikan jalannya perjuangan dan mengembangkan harapan. bila kebenaran telah tiba, kebatilan akan musnah | Semua manusia akan mati, kecuali yang berilmu. semua yang berilmu akan tidur kecuali yang mengamalkan ilmunya | Pengetahuan adalah warisan yang mulia, budi pekerti ibarat pakaian yang baru dan pikiran ibarat cermin yang bening (jernih). | Seekor burung hantu yang bijaksana duduk di sebatang dahan. Semakin banyak ia melihat, semakin sedikit ia berbicara. Semakin sedikit ia bicara, semakin banyak ia mendengar. Mengapa kita tidak seperti burung hantu yg bijaksana itu?. | Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup | Kita tidak akan sanggup mengekang amarah dan hawa nafsu secara keseluruhan hingga tidak meninggalkan bekas apapun dalam diri kita. Namun jika mencoba untuk mengendalikan keduanya dengan cara latihan dan kesungguhan yang kuat, tentu kita akan bisa"
LA TAHZANU
Jangan Bersedih,Duhai kekasih,Daku pahami hatimu yg perih,Hadapilah dgn jernih,Berhentilah merintih-rintih,Pandangilah luasnya bumi,Serta cerahnya matahari, ALLAH selalu merahmati, Burungpun turut menari-nari. kUKAGUMI pARAS cANTIKMU, kURASAKAN tULUS hATIMU, aWAN yANG GELAP aKAN BERLALU, lANGIT hIDUPMU cERAH MEMBIRU
MA'RIFAT
Akeh wong iku podo bingung kejobo wong duwe ilmu,wong duwe ilmu iku ugo bingung kejobo wong ikhlas,wong ikhlas iku ugo isih bingung kejobo wes mlebu suwargo,wong kang wes mlebu suwargo ugo bingung kejobo wong kang ketemu wujude gusti kang akaryo jagat.
TAWADHU'
“AWAKMU DHUDU OPO-OPO, AWAKMU ORA BISO OPO-OPO, AWAKMU ORA DUWE OPO-OPO” (DIRI KITA BUKAN APA-APA, DIRI KITA TAK BISA APA-APA, DIRI KITA TAK PUNYA APA-APA)
“KALAU KETEMU ORANG TUA, MERASALAH ORANG TUA ITU LEBIH BAIK KETIMBANG DIRIMU, SEBAB ORANG TUA ITU IBADAHNYA MESTI LEBIH BANYAK KETIMBANG KITA”
“KALAU KETEMU ORANG MUDA, MERASALAH ORANG MUDA LEBIH BAGUS KETIMBANG KITA, SEBAB ORANG MUDA JK MELAKUKAN MAKSIAT PASTI LEBIH SEDIKIT KETIMBANG KITA”
“KALAU KETEMU ORANG ALIM, MERASALAH IA LEBIH BAGUS KETIMBANG KITA SEBAB JIKA IA BERIBADAH DAN BERAMAL PASTI DGN ILMUNYA“
“KALAU KETEMU ORANG BODOH, MERASALAH ORANG BODOH ITU LEBIH BAIK KETIMBANG DIRIMU, SEBAB IA ITU JK MELAKUKAN DOSA PASTI TIDAK TAHU, KALAU PERBUATAN YG DILAKUKAN TIDAK TAHU PASTI TAK KENA HUKUM FIQHNYA”
“KALAU KETEMU ORANG KAYA, MERASALAH ORANG KAYA ITU LEBIH BAGUS KETIMBANG KITA, SEBAB JK IA BERAMAL SHODAQOH PASTI AMALANNYA LEBIH BANYAK KETIMBANG KITA”
“KALAU KETEMU ORANG MISKIN, MERASALAH ORANG MISKIN ITU LEBIH BAGUS KETIMBANG KITA, SEBAB ORANG FAKIR DAN MISKIN ITU LEBIH BANYAK MEMERANGI HAWA NAFSUNYA”
“ORANG FAKIR YG SABAR LEBIH BAGUS KETIMBANG ORANG KAYA YG BANYAK SYUKURNYA”
“KALAU KETEMU BINATANG (SEPERTI ANJING), MERASALAH ANJING ITU LEBIH BAGUS KETIMBANG KITA, SEBAB MAKLHUK INI (BINATANG) TIDAK ADA PERTANGGUNGJAWABAN JK IA MATI”
kalau ketemu orang KAFIR, merasalah orang kafir itu lebih BAGUS ketimbang kita, sebab siapa tahu waktu ia mau meninggal dan hidayah ALLOH diterimannya lalu dia masuk Islam maka dosa-dosanya terhapus semuanya, dan pasti masuk surga. sedang kita tidak tahu apakah kita nanti MATI tetap membawa iman dan islam atau sebaliknya...., naudzubillah..., ya muqollibal qulub tsabit qolbi 'alaa dinnih.
TASAWUF
ojo demen-demen marang ndunyo, nanging demeno marang kang nggawe ndunyo. lan ojo gething marang ndunyo, sebab neng kono ono kang nggawe ndunyo.
Jangan terlalu mencintai dunia, namun cintailah kepada yang membuat dunia. dan jangan membenci dunia, sebab disitu ada yang membuat dunia.
LOGICAL BASIC
A = B dan B = C maka A = C
TETESAN EMBUN PAGI
agama ISLAm itu adalah agama yg lengkap dan canggih, sekaligus sangat sederhana dan realistis, gampang dan mudah dicerna dan juga tidak dogmatis, menolak segala yg berbau tahayul, khurofat, fiodalisme, taqlit buta, mistik maupun keberhalaan (idoltery) dalam berbagai bentuknya, maka sudah semestinya UMADnya harus handal dan canggih (SOPISTICATED)"
JADILAH ORANG BIASA NAMUN MEMILIKI PEMIKIRAN DAN KEMAMPUAN YANG LUAR BIASA"
Tak ada yang salah dengan semua yang serba sederhana kita fahami dalam hidup ini, namun yg pasti, semua yang NAMPAK percuma sebenarnya BERMAKNA"
Dengan sangat sederhana kebanyakan para ilmuwan dunia memahami ciptaan TUHAN yang tidak sederhana. Sehingga teori-teori yang dihasilkan hanya sebuah illusi keterbatasan dimensi yang sangat prematur karena dibenturkan kosmonitas verbal pola pikir logika semata. Apalagi ia berfikir tetang penciptaan dengan tidak percaya adanya TUHAN. Sangat IRONI
Setting Modem GSM/CDMA di Linux
Rabu, 07 Maret 2012
Setting Modem GSM/CDMA di Linux. sebagai contoh disini saya menggunakan modem Huawei E220, untuk modem lainnya hampir sama tinggal melakukan sedikit penyesuaian pada bagian # modprobe usbserial vendor=0x12d1 product=0x1003, System Operasi yang saya gunakan Ubuntu 10.04, untuk Ubuntu 9.04 kebawah harus Install Wvdial, mengapa kok contohnya pakai Ubuntu? karena paling banyak temen-temen menggunakan Distro Ubuntu, untuk penggunaan Distro turunan Debian hampir sama juga, kalau saya pribadi sering gonta-ganti Distro.

        Oke langsung aja ke pokok masalah, sebelum Anda memasang Modem ke PC/Laptop, Pastikan SIM Card yang digunakan tidak ada PIN-nya. Kalau ada PIN, silahkan di buang saja dulu /non aktifkan, jika  PIN dikartu Anda masih ada akan mengganggu proses instalasi di Linux (kalau tidak percaya silahkan saja dicoba tanpa membuang PIN).

       Pada saat USB Modem E220 di pasang biasanya akan muncul beberapa hal, kadang sebagian dikenali sebagai Flashdisk atau Device baru /dev/ttyUSB0, device ini yang akan digunakan untuk komunikasi. saya sarankan kalau masang Modem (khusus untuk PC) usahakan di port USB pertama /Port belakang bagian atas karena akan lebih mudah dikenali oleh system Linux (USB0) 


Yang perlu dilakukan,
Masuk ke Root, caranya buka Terminal melalui Applications > Accessories >Terminal (Ctrl+Alt+T).

Ketik: $ sudo su -
tulis Pasword root Anda (bagi yang belum pernah ngoprek terminal/Shell akan bingung karena pas nulis Pasword tidak keluar tulisan yang diketik, lanjutkan saja terus enter)

 Setelah itu lihat apakah USB Storage Device terdeteksi
# lsmod | grep usb_storage


Buang USB Storage Device tersebut
# rmmod usb-storage
Jika pakai perintah tersebut tidak berhasil silahkan gunakan perintah
# eject /dev/sr1
ini biasanya terjadi pada Modem AHA 

Anda dapat membuang juga usb-serial jika diinginkan, tapi ini tidak akan berakibat fatal,
# rmmod usb-serial

Cek keberadaan USB Modem E220 menggunakan perintah 
# lsusb

Jika E220 terpasang di USB, akan muncul kira-kira Pesan seperti dibawah ini: 
Bus 001 Device 003: ID 12d1:1003
Perhatikan ID12d1:1003 adalah Modem USB E220. 
Lakukan insert modul menggunakan perintah

# modprobe usbserial vendor=0x12d1 product=0x1003
(Dalam gambar Modem Huawei terdeteck sebagai: Bus 005 Device 002: ID 12d1:1003 Huawei Technologies co., ltd. E220 HSDPA/HSUPA  untuk modem lainnya  tinggal Anda sesuaikan saja dengan Vendor Modem yang Anda pakai)

 AT&T Sierra: #  vendor=0x1199 product=0x6880
Advan DT-8L: # vendor=0x1c9e product=0x9800
HP Smart:  # vendor=0x0e8d product=0x8101
Huawei E1550:  # vendor=0x12d1 product=0x1001
Cabut USB Modem E220, tunggu beberapa saat  10 s/d 20 detik, dan masukan kembali ke PC. 
Setelah di masukan kembali ke PC tunggu hingga modem berkedip-kedip, lalu lihat Device USB Modem melalui perintah, 
# ls -la /dev/ttyU*

Harusnya muncul device /dev/ttyUSB0 
crw-rw---- 1 root dialout 188, 0 2008-03-20 08:15 /dev/ttyUSB0


Setting Parameter Dialup ke Operator

Setelah ini lakukan setting parameter kartu sesuai provider yang Anda Pakai
Caranya Klik System > Preferencess > Network Connections, maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini :
Klik Add  > Mobile Broadband > maka akan keluar New Mobile Broadband Connection (pada contoh ini saya memakai Modem Huawei E220, jadi terdeteksi Huawei Technologies seperti pada gambar) klik Forward

Pada Choose your Provider's Country Pilih negara tempat Anda berada karena kita berada di Indonesia maka pilih Indonesia (untuk memudahkan pencarian, pada Keybord tekan huruf I)

Sekarang masuk ke bagian pemilihan nama Provider selular yang Anda pakai, pilih sesuai dengan kartu yang terpasang pada modem (jika tidak ada dalam pilihan ini klik I can't fing my provider and I wish to enter it manually, tulis nama Provider yang Anda pakai dengan cara manual) klik Forward


Di bagian Choose your Billing Plan, pada tab select your plan pilih My plan is not.........., pada Tab Selected plan APN (Access Point Name) tulis  nama Provider sesuai pilihan Anda, klik Forward,
Jika Provider yang Anda Gunakan tidak tersedia pilih I Can't find my provider and I wish to enter it manually, pada bagian Provider tulis aja nama Provider yang Anda pakai, Misalnya Tri, Smart, Fren, dll.

Jika keluar tampailan Confirm Mobil Broandband Settings klik Apply

Akan segera keluar menu Network Connections, pilih Mobil Broadband > jika nama provider anda belum ada disini klik Add, tulis sesuai pilihan Anda, setelah itu lakukan setting parameter sesuai Dialup dari ketentuan provider yang Anda pakai (untuk setting Dialup Number Provider bisa Anda lihat contohnya dibagian bawah Artikel ini)

Sekarang tinggal lakukan Dialup, dan jika berhasil maka Anda sudah bisa Online dimanapun selama Provider yang Anda pakai mendapatkan sinyal bagus, (untuk beberapa jenis modem perlu beberapa kali melakukan dialup baru bisa connect ke Internet, misalnya Modem Advan DT-8L, AT&T, Prolink, dll, maka silahkan ulangi lagi sampai berhasil) selamat mencoba tulisan singkat dari saya dan semoga berhasil, menurut saya sangat menyenangkan ngoprek Linux itu, salam sukses selalu, jika Anda punya pengalaman dalam menggunakan Linux silahkan di tulis dan di share pada yang lainnya.
Catatan:
Untuk beberapa modem (selain Huawei) misalnya: Venus, AHA, Prolink, dll, setiap  komputer di-boot vendor dan product ID modem harus di-load terlebih dahulu supaya modem bisa digunakan. Untuk itu selalu lakukan #modprobe usbserial vendor=0x12d1 product=0x*00* setiap ingin melakukan dialup, dan selanjutnya baru # ls -la /dev/ttyU*

Tutorial ini juga bisa diterapkan pada Distro Turunan Debian, yang pernah saya coba dengan memakai cara ini dan berhasil : Linux Mint, BlankOn, Ubuntu, DreamLinux, ZenLinux, dan Xandross

Untuk pengguna Ubuntu 9.04 kebawah silahkan memakai wvdial seperti yang ada dibawah ini:

Siapkan file /etc/wvdial.conf agar dapat menelepon ke provider, bunyinya kira-kira
Untuk Provider INDOSAT3G
[Dialer Defaults]
Phone =
Username =
Password =
New PPPD = yes
[Dialer indosat3g]
Modem = /dev/ttyUSB0
Baud = 3600000
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2
Init3 = AT+CGDCONT=1,"IP","indosat3g"
Area Code =
Phone = *99#
Username =
Password =
Ask Password = 0
Dial Command = ATDT
Stupid Mode = 1
Compuserve = 0
Force Address =
Idle Seconds = 0
DialMessage1 =
DialMessage2 =
ISDN = 0
Auto DNS = 1
Dial menggunakan
# wvdial indosat3g


Sedangkan untuk Provider lainnya tinggal  setting parameter GPRS  kartu seluler GSM dan CDMA yang ada di Indonesia seperti yang ada dibagian bawah blog ini.

Salah satu cara lagi untuk menginstall Modem HUAWEI E220 di Linux adalah dengan memanfaatkan driver dan script dari http://oozie.fm.interia.pl/pro/huawei-e220/ dimana anda harus download huawei.tar.bz2 kemudian jalankan:
$ tar xjvf huawei.tar.bz2
$ cd huawei
$ su
# make info
# akan dijelaskan untuk instalasi masing2 distro yg disupport
hal diatas berlaku untuk kernel < 2.6.20 dan berhasil pada distro2 berikut: SUSE 10.1, openSUSE 10.2, Fedora Core 5, Ubuntu 6.06, 6.10, 7.04, Mandriva Free2007Spring Silahkan cek sistem anda. Untuk SUSE 10.0 anda perlu file udev dari SUSE 10.1. Dapat didownload dengan keyword rules.d.suse-10-1.tar.bz2
Anda dapat juga menampilkan statistik penggunaan trafik anda dengan menginstall he220stat.tar.bz2 dari site yang sama dan menjalankan perintah2:
$ tar xjvf he220stat.tar.bz2
$ cd he220stat*
$ ./configure
$ make
$ su
# make install
# xhe220stat
Tampilannya akan seperti ini:
http://oozie.fm.interia.pl/img/he220stat.jpg 
Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Berikut ini akan dibahas cara aktivasi dan setting parameter GPRS pada beberapa kartu seluler GSM dan CDMA di Indonesia.

GSM

TELKOMSEL

APN: flash/internet

user name: wap / [blank]

password: wap123 / [blank]

dial number: *99***1# / *99#

http: www.telkomsel.com


MATRIX

APN: indosatgprs.com

user name: indosat

password: indosat

dial number: *99***1#

http: www.satelindo.com


IM3

APN: www.indosat-m3.net

user name: gprs

password: im3

dial number: *99***1#

http: www.m3-access.com


GPRS Volume Based
APN: indosatgprs
User : indosat
Pass : indosat
Proxy : 10.19.19.19
Port : 8080
Homepage : http://wap.indosat.com

GPRS Duration Based
APN: indosatgprs
User : indosat@durasi
Pass : indosat@durasi
Proxy : 10.19.19.19
Port : 8080
Homepage : http://wap.indosat.com


IM2

APN: indosatm2

user name: [indosatm2] atau sesuai registrasinya

password: [prabayar] atau sesuai registrasinya

dial number: *99#


XL

APN: www.xlgprs.net

user name: xlgprs

password: proxl

dial number: *99***1#

http: www.xl.co.id


AXIS

Connection Name AXIS

Data Bearer GPRS atau PS

Access Point Name (APN) AXIS

Username axis

Prompt Password No

Password 123456

Authentication Normal

Gateway/Proxy IP Address 10.8.3.8

Gateway/Proxy Port 9201 atau 8080

Homepage http://wap.axisworld.co.id

3

Data Bearer : GPRS
Access point name : 3gprs
User name : 3gprs
Password : 3gprs
Home : http://wap.three.co.id


Dial Number: *99#
Access point name : 3data
User name : 3data
Password : 3data


Phone IP Address : Automatic
Proxy Server Address : 10.4.0.10
Proxy port number : 3128

CDMA

FREN

user name: m8

password: m8

dial number: #777

http: www.mobile-8.com


FLEXI

user name: telkomnet@flexi

password: telkom

dial number: #777

http: www.telkomflexi.com


ESIA

user name: esia

password: esia

dial number: #777

http: www.esia.co.id


StarOne

user name: starone

password: starone

dial number: #777

http: www.mystarone.com


Smart

user name: smart 

password: smart

dial number: #777


Ceria

user name: internet

password: ceria

dial number: #777


(data diperoleh dari sumber internet jika ada yang kurang jelas dapat menghubungi operator bersangkutan )
posting ini sebagai cacatan pribadi semata...hehehehehehe, tak boleh sewot....
posted by ACOM (linuxinuse) @ 19.52  
b
0 Comments:

Posting Komentar

Berhentilah sejenak dan silahkan Tinggalkan komentar anda,kami menerima segala kritik dan saran yang bersifat membangun.

<< Home
 
PROFILE

Name: ACOM (linuxinuse)
Home:
About Me: ALFA CENTURY MULTY SCIENCE PLUS suatu usaha sosial keilmuan dalam berbagai disiplin ilmu MANTIQ / LOGIC, didirikan pada tanggal 29 Maret 1994, dengan mengawali disiplin ilmu Electronika dan komputer pada basic program dan mengembangkannya pada era digital yg mendukung pengembangan software dan hardware pada usaha brainware yg simultan dan beradab, memilih ilmu sastra untuk mengembangkan astrofisika pada stimulasi dimensi 9.
See my complete profile
Catatan Acom
UPLOAD DATA
LINK BLOGGER
© "ACOM" Alfa Century Multy Science Plus Blogger Templates by LINUXINUSE